Selasa, 06 Maret 2012

Kiamat Sudah Dekat (2)




Tanda-tanda yang telah terjadi dan telah berkhir




Bagian pertama sebagaimana dijelaskan oleh As-Safarini yaitu tanda-tanda jauh; yang telah terjadi dan sudah berlalu, diantaranya:
1.      Diutusnya Nabi Muhammad  sebagai rasul.
2.      Wafatnya beliau.
3.      Penaklukkan Baitul Maqdis.
4.      Terbununya amirul mukminin Utsman bin Affan , Hudzaifah  menuturkan: “fitnah yang pertama kali terjadi adalah terbunuhnya Utsman...”
5.      Banyaknya peperangan yang dialami oleh kaum muslimin setelah peristiwa tersebut.
6.      Munculnya kelompok-kelompok sesat seperti Khawarij dan Rafidhah.
7.      Munculnya para dajjal dan pendusta yang mengklaim sebagai nabi.
8.      Lengsernya kerajaan Arab (diriwayatkan oleh Tirmidzi).
9.      Berlimpahnya harta (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim serta yang lainnya).
Banyaknya bencana berupa gempa bumi, pembenaman kedalam tanah, perubahan rupa, al-qadzaf (tuduhan zina terhadap wanita tanpa disertai bukti yang otentik) dan hal-hal lain yang dikhabarkan nabi sebagai tanda-tanda jauh hari kiamat yang telah terjadi dan telah berlalu.



Tanda-tanda yang telah dan masih terjadi sampai sekarang




Sedangkan bagian kedua adalah tanda-tanda yang telah dan masih terjadi sampai sekarang. Tanda-tanda ini banyak sekali dan kita saksikan disekitar kita, diantaranya adalah:
1.      Sabda Rasulullah :
"لا تقوم الساعة حتى يكون أسعد الناس بالدنيا لكع بن لكع."

Artinya: “kiamat tidak akan terjadi hingga orang yang paling bahagia dengan kehidupan dunia adalah Luka’ bin Luka’.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ad-Dhiya’ Al-Maqdisi dari hadits Hudzaifah)
Luka’ adalah seorang budak yang dungu lagi hina. Makna hadits tersebut adalah kiamat tidak akan terjadi hingga seorang yang dungu, hina atau yang semisalnya menjadi pemimpin bagi manusia.
2.      Sabda Rasulullah :
"يأتي على الناس زمان الصابر فيهم على دينه كالقابض على الجمر."

Artinya: “akan datang kepada manusia suatu masa, yang mana pada masa itu seorang yang bersabar diantara mereka demi agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi dari hadits Anas)
3.      Sabda Rasulullah :
"لا تقوم الساعة حتى يتباهى الناس في المساجد."

Artinya: “kiamat tidak akan terjadi hingga manusia bangga dalam (kemegahan) masjid.” (HR. ahmad, abu dawud, ibnu hibban, ibnu majah dari hadits anas)
4.      Sabda Rasulullah :
"يكون في آخر الزمان عباد جهال وقراء فسقة." وفي لفظ: "فساق."

Artinya: “akan ada pada akhir zaman nanti para budak yang dungu dan para pembaca Al-Qur’an yang fasiq.” (HR. abu nu’aim dan hakim dari hadits Anas)
5.      Ditampakkannya bulan sabit (hilal), dikatakan: yaitu dalam jangka waktu dua malam; karena menggelembung dan besarnya bulan tersebut. (At-Thabrani meriwayatkan maknanya dari ibnu mas’ud).
6.      Dijadikannya masjid-masjid sebagai jalan.
7.      Di dalam Shahih Bukhari dan lainnya dari hadits Anas  bahwasanya beliau berkata: maukah kalian aku ceritakan dengan sebuah hadits yang telah aku dengar dari Rasulullah , yang tidak akan ada seorangpun yang menceritakannya selainku? Aku mendengar rasulullah  bersabda (artinya): “Sesungguhnya termasuk tanda-tanda terjadinya hari kiamat adalah diangkatnya ilmu, banyaknya kebodohan, tesebarnya zina, banyaknya peminum khamr, sedikitnya laki-laki, banyaknya perempuan hingga perbandingan antara laki-laki dan perempuan adalah 50:1.”

Tanda-tanda dekat dan besar yang diikuti dengan terjadinya hari kiamat

            Bagian yang terakhir adalah tanda-tanda yang persis terjadi sebelum kiamat yang sesungguhnya, dintaranya adalah munculnya Imam Mahdi, Dajjal, turunya Isa bin Maryam, keluarnya Ya’juj dam Ma’juj, hancurnya Ka’bah, munculnya asap, diangkatnya Al-Qur’an, terbitnya matahari dari arah barat, keluarnya binatang melata, munculnya api dari Qa’r ‘Adan, ditiupnya sangkakala dengan tiupan yang mengejutkan, tiupan yang membuat manusia pingsan, matinya makhluk dan tiupan hari berbangkitan dan berkumpul.
            Intinya peristiwa kiamat sangatlah dahsyat, sedangkan kita dalam keadaan lalai. Sungguh sebagian tanda-tanda kiamat telah banyak muncul dan terjadi di zaman kita, dan tentu hal ini menunjukkan semakin dekatnya kiamat. Maka kita memohon perlindungan kepada Allah U dari segala fitnah yang nampak maupun yang batin, dan semoga Allah U mematikn kita dalam keadaan islam.
            Semua hal yang diberitakan Rasulullah  didalam haditsnya mengenai tanda-tanda hari kiamat merupakan keistimewaan dan mukjizat tersendiri bagi beliau. Dan seiring berjalannya waktu berita itupun terbukti dan menjadi realita yang nyata di tengah-tengah kita.

(Diringkas dan diterjemahkan dari kitab Al-Irsyad Ila Shohihil I’tiqod hal: 255-259 karya Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan, cetakan Darus Shohabah)

Catatan:           Bagi pembaca yang menemukan adanya kekeliruan dalam terjemahan mohon segera dilaporkan. Syukron


Tidak ada komentar:

Posting Komentar